SEJARAH HADIRNYA OLAHRAGA BASKET

Olahraga basket ini sudah ada sejak tahun 1891 oleh seorang dokter sekaligus guru olahraga bernama James Naismith. Ia berasal dari Kanada dan mengajar di salah satu sekolah di Amerika Serikat.

Bermula pada suatu kegiatan yang dilakukan oleh James di tempat yang tertutup untuk mengisi waktu luang para siswa. Awalnya ia tak punya bola khusus melainkan pakai bola sepak yang dilempar ke tembok. Aktivitas ini ia lakukan karena pada waktu itu terinspirasi dari permainan masa kecilnya. Lalu 3 tahun kemudian, dibuatlah bola basket.

Pada waktu itu, musim dingin sedang tiba dan sang guru olahraga ingin muridnya bisa bermain di dalam ruangan yang tertutup namun tetap menggunakan koordinasi gerakan badan seperti berlari dan melompat. Ketika bola basket tersebut sudah terbuat, banyak yang menentang bahwa bola tersebut tidak cocok dimainkan didalam ruangan karena terlalu keras. Lalu James Nainsmith pun berputar otak dan dibuatlah strategi permainan dan juga teknik-teknik yang benarnya seperti apa. Sehingga saat melakukan implikasi tersebut, semua sudah berjalan sempurna serta memaksimalkan pergerakan angota tubuh.

Tak lama dari itu, dibuatlah pertandingan basket sehingga lahir dengan sebutan Basketball. Inilah awal mulai bagaimana basket tersebar ke seluruh penjuru Amerika dan orang-orang pun tertarik untuk mencobanya. Hingga suatu saat dibuat lagi kompetisi basket dan olahraga ini semakin lama semakin menyebar tidak hanya di Amerika saja, namun sudah ke seluruh dunia.

Ketika berkembanganya jaman ke yang lebih modern, di tahun 1946 muncul pertandingan basket asal Amerika yang hingga sampai sekarang masih terkenal yaitu National Basketball Association atau NBA. Dari pertandingan inilah akhirnya muncul bintang atlet dunia yang sangat terkenal seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, Kareem Abdul Jabbar, Stephen Curry dan masih banyak yang lainnya.

Sejarah Masuknya Basket di Indonesia

Diawali dengan orang-orang Tioanghoa yang membawa bola basket ke Indonesia sekitar tahun 1920. Dahulu, basket hanya bisa dimainkan oleh orang-orang elit seperti Tionghoa, sedangkan masyarakat Indonesia pada kala itu masih dalam penjajahan Belanda. Padahal Belanda tidak melarang untuk bermain, namun orang-orang Indonesia masih belum banyak yang tertarik. Pada akhirnya sekolah mewajibkan olahraga ini, sehingga pribumi maupun kaum elit tersebut mau tak mau harus bermain basket.

Hal inilah yang lama-lama melahirkan orang-orang hebat dalam bermain basket. Lalu olahraga ini resmi masuk pada PON atau Pekan Olahraga Nasional pertama di tahun 1948, sayangnya yang bisa mengikuti pertandingan ini hanya laki-laki saja. Namun di tahun kedua PON, anak perempuan pun sudah bisa ikut pertandingannya.

Kini, olahraga tersebut pun sudah bisa dimainkan oleh semua kalangan bahkan anak kecil pun sudah bisa memainkannya. Maka dari itu, bola basket yang dibuat pun jadi lebih bervariasi tergantung ukuran untuk disesuaikan dengan para pemainnya.

Namun pada umunya semua bola yang dibuat memiliki bahan dan model yang sama yaitu terbuat dari campuran karet dan kulit sintesis yang berjenis balon tiup. Hal ini memudahkan penggunanya untuk ditiup kembali bila suatu waktu bola tersebut kempes. Permukaan bola idealnya memiliki garis berwarna hitam dan warna dasar dari bola itu sendiri adalah oranye atu coklat.

Permukaan bola basket juga dibuat lebih kasar agar bisa lebih tahan lama dan bisa dimainkan diluar runagan. Selain harus rekat, syarat bola basket harus waterproof. Namun perlu diperhatikan juga bahwa kondisi rungan serta lama pemakaian bola akan membuatnya menjadi rusak. Jadi kalau dirasa bola sudah menjadi halus atau lebih gundul dari biasanya, lebih baik di ganti.

Itu dia sedikit rangkuman dari sejarah lahirnya basket di dunia serta saat masuk ke Indonesia.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *