Teknik Dasar Bola Basket yang Perlu Dikuasai!

Teknik Dasar Basket

Bola Basket merupakan salah satu jenis cabang olahraga yang sangat populer dan kalian bisa dengan mudah menemukan ring basket di taman dekat rumah. Permainan ini juga seru dan banyak disukai oleh berbagai kalangan anak remaja di sekolah maupun berbagai club yang ada. Sebelum kalian memainkan olahraga satu ini, penting bagi kalian untuk mempelajari beberapa teknik bermain basket yang rumit dan seru untuk dimainkan. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Tips Teknik dasar Bermain Bola Basket

1. Passing

Passing

Passing merupakan salah satu teknik dasr mengoper bola yang wajib untuk kalian kuasai pertama kali. Dimana mengingat bola basket merupakan salah satu olahraga tim yang harus kalian mainkan dengan mengandalkan kerjasama. Semakin handal kalian mengoper bola pada teman satu tim, bisa kalian pastikan untuk bisa memenangkan pertandingan dengan lebih mduahnya. Teknik ini juga bisa kalian lakukan dengan cepat, terarah, dan tidak terlalu keras. Dalam permainan bola basket, passing hadir dengan beberapa jenis, yaitu chest pasm bounce pass, over head passm base ball pass, dan hook pass.

2. Catching

Catching

Selanjutnya adalah salah satu teknik yang disebut juga sebagai teknik mengangkap bola. Dengan ini, pemain bisa lebih siap dan sigap setiap kali pemain satu tim akan mengoperkan bola ke arah kalian. Menangkap bola juga bisa dilakukan satu atau dua tangan. Pastikan tangan kalian dalam kondisi yang rilks saat bersiap menangkap bola dan selalu memperhatikan kemana ara datangnya bola basket tersebut.

3. Dribbling

Dribbling

Teknik satu ini juga dikenal sebagai teknik menggiring bola basket. Kalian bisa lakukan dengan cara memantulkan bola pada telapak tangan sambil berlari maupun diam. Berikut ini adalah beberapa teknik menggiring bola basket yang harus kalian ketahui:

  • Dribble Rendah

Teknik satu ini akan membuat lawan sulit dalam merebut bola yang kalian pegang. Sehingga akan sangat cocok digunakan untuk menerobos area pertahanan lawan. Saat melakukan dribble rendah, kaki kalian hanya dibuka selebar bahu. Jika kalian menggiring dengan tangan kanan, maka kaki kiri harus berada di depan, begitu juga sebaliknya. Perhatikan juga [pada tinggi pantulan bola basket kalian.

  • Dribble Tinggi

Dribble tinggi akan sangat cocok digunakan saat kalian berada jauh dari penjagaan lawan. Jika kalian menggunakan tangan kanan, maka bola yang dipantulkan di samping kanan depan, begitu juga sebaliknya, sehabis kalian dribble rendah, pastikan tubuh kalian tidak terlalu tegap, melainkan sedikit condong ke bagian depan. Jika kalian berhasil menguasai kedua teknik tersebut, kalian harus mempelajari teknik dribble lanjutan. Teknik menggiring lanjutan juga bisa dikuasai dengan latihan rutin, yaitu teknik spin dribble, between the legs dribble dan teknik behind the back dribble.

4. Pivot

Pivot

Teknik satu ini sangat cocok digunakan saat mengelbui musuh. Teknik memutar badan yang bertumbu pada kaki sebagai porosnya. Dimana kaki akan lebih kuat dijadikan poros untuk mencegah adanya pergeseran. Jika poros bergeser, maka pivot akan gagal dilakukan dan terjadi adanya pelanggaran. Saat melakukan pivot, kalian juga harus menjaga bola dengan kuat dan tidak berebut dengan lawan. Kalian bisa menggunakan badan kalian untuk menjaga bola tersebut.

Nah itu dia 4 teknik dasar penting dalam sebuah olahraga bola basket yang harus kalian ketahui dan pahami. Yuk gunakan salah satu dari 4 teknik diatas ini!

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *