Tips Melakukan Slam Dunk

Olahraga Bola Basket adalah olahraga yang cukup populer. Olahraga bola basket dilakukan dengan 2 tim, 5 lawan 5. Slam Dunk adalah salah satu cara atau Teknik dalam bola basket untuk memasukkan bola dengan peluang yang sangat besar kedalam ring.

Hal ini dikarenakan Slam Dunk dilakukan lompatan jauh dan tinggi menuju ring kemudian memasukan bola langsung bersentuhan dengan ring.

Sebelum melakukan Slam Dunk ada beberapa cara untuk mempersiapkan fisik kita agar siap melakukan Slam Dunk sebagai berikut:

1. Lompat tali

Anda dapat melakukan lompat tali sebanyak 50 kali sehari dan jangan memaksakan diri anda karena dapat menyebabkan cidera olahraga.

2. Angkat beban

Anda dapat melakukan angkat beban untuk melatih membentuk otot kaki dan jangan melebihi dari kemampuan anda.

3. Sprint

Anda dapat melakukan Sprint untuk memperkuat betis, lutut dan tumit. Anda dapat melakukan sprint selama 20 menit untuk mendapatkan kekuatan.

6 Teknik Slam Dunk

1. Teknik walking in the air

Teknik walking in the air adalah Teknik yang diawali dengan lompatan jauh dan tinggi sehingga terlihat seakan-akan sedang berjalan di udara dan membawa bola hingga ke ring musuh. Ketika bola telah sampai dekat ring, bola dapat dimasukkan dengan tenaga yang sangat keras.

2. Teknik Alley Oop

Teknik ini mengandalkan dua pemain. Yang satu berperan untuk mengoper, yang kedua berperan untuk memberikan finishing dunk pada ring lawan. Teknik ini juga dapat disebut sebagai Back to papa yang berarti bola tersebut kembali kepada pemain tersebut. Dibutuhkan Kerja sama dan insting yang kuat antar pemain agar terjadi keselarasan antara pemain satu dengan pemain yang lain agar Alley Oop ini bisa berhasil

3. Teknik 360 Degree Dunk

Teknik slam dunk dengan 360 degree sangat menarik dan terlihat keren. Pemain yang akan melakukan slam dunk akan melompat dan memutar badan hingga 360 derajat. Kemudian Pemain melompat sambil membawa bola dan kemudian memutar badan hingga 360 derajat. Setelah bertemu dekat dengan ring, bola yang dibawa pemain langsung dimasukan ke dalam ring dengan sekuat tenaga.

4. Tip Dunk

Tip Dunk adalah sebuah Teknik yang unik, yaitu salah satu pemain melempar bola ke arah ring tetapi bola tersebut gagal masuk ke dalam ring. Selanjutnya pemain lain akan melakukan rebound dan menjemput bola yang tidak masuk. Kemudian pemain tersebut melanjutkan finishing dengan slam dunk yang cukup keras ke dalam ring.

5. Teknik Back Dunk

Teknik berikutnya adalah Back Dunk. Back Dunk dilakukan dengan cara melompat kemudian memasukkan bola ke dalam ring saat posisi badan bertolak belakang  dengan ring.

6. Teknik Crossover Dunk

Gerakan slam dunk yang paling sering dilakukan pemain profesional adalah crossover dunk. Cara slam dunk ini cukup unik dan paling sering dilakukan.

Teknik crossover dunk dilakukan dengan melakukan lompatan tinggi, bola tidak langsung dimasukkan ke dalam ring, melainkan dioper dari satu tangan melewati bawah kaki untuk diterima tangan sebelahnya.

Setelah passing melewati bawah kaki tersebut, barulah pemain akan melakukan slam dunk dengan cukup keras ke dalam ring lawan.

Demikian beberapa teknik dan cara melakukan slam dunk dalam olahraga Bola Basket yang kami sampaikan kepada kalian sesuai dengan Teknik olahraga bola basket.

Categories:

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *