Tidak Lolos FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesia Tetap Tidak Patah Semangat

fiba asia cup 2022

Tidak Lolos FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesia Tetap Tidak Patah Semangat

fiba asia cup 2022

Tidak Lolos FIBA Asia Cup 2022, Timnas Basket Indonesia Tetap Tidak Patah Semangat – Timnas basket Indonesia tidak berhasil tembus perempat final FIBA Asia Cup Tahun 2022. Tidak masuk delapan besar membuat Indonesia tidak turut FIBA World Cup 2023 atau Piala Dunia Basket 2023.

Di FIBA World Cup 2023 Indonesia menjadi satu diantara tuan rumah bersama Jepang dan Filipina. Tetapi khusus Indonesia tidak lolos langsung ke perputaran final.

Indonesia harus berusaha melalui set kwalifikasi atau masuk delapan besar di FIBA Asia Cup Tahun 2022. Ke-2 lajur itu tidak berhasil tercukupi.

Meskipun begitu, keinginan timnas basket Indonesia untuk bertanding diperputaran final FIBA World Cup 2023 masih tetap ada. Lajur lobi jadi jalan paling akhir.

“Kita bukan gagal lolos tetapi belum bisa lolos. Aku percaya akan maju ke FIBA World Cup 2023. Banyak jalan. Kita sedang pendekatan. Jika timnas main di kandang, gedung selalu penuh. Kita tidak ingin gedung baru memiliki 16.000 hanya berisi 1.000 orang,” kata ketua umum Perbasi Danny Kosasih, Kamis (21/7/2022).

Untuk melangsungkan FIBA World Cup 2023, Indonesia memang membuat venue baru memiliki 16.000 pemirsa. Lokasi ada di seberang kantor Menpora dan dinamakan Indonesia Tempat.

Terus Meningkat

“Kami akan usaha semaksimal mungkin berbicara ke FIBA tolong diperhitungkan supaya Indonesia dapat ikut. Aku anggap masih tetap ada seribu jalan yang dapat dilakukan. Doakan saja. Aku berharap warga memberikan dukungan,” lanjut Danny di kantor Perbasi, Senayan.

FIBA memang tidak loloskan langsung Indonesia walaupun berpredikat tuan rumah karena rangking yang terlampau rendah. FIBA ingin menyaksikan terlebih dahulu apa basket Indonesia bisa mengalami perkembangan dan bertambah.

Rintangan dari FIBA sebetulnya bisa dijawab Indonesia. Perform timnas basket Indonesia terus melejit sama seperti situs slot online terbaik di Indonesia yang kian populer di kala ini. Untuk pertamanya kali dalam riwayat Indonesia merampas emas basket putra di SEA Game 2021. Indonesia menjatuhkan supremasi Filipina.

Masuk Peringkat 10 Besar Asia

Disamping itu di FIBA Asia Cup Tahun 2022, performa Indonesia lumayan menjanjikan. Indonesia dapat menang dengan Arab Saudi dan memberi perlawanan keras ke Yordania.

“Persyaratan dari FIBA untuk up-grade telah kita kerjakan. Kita naik 4 tingkat. Kita berada di status 10 Asia. Ini perolehan yang belum sempat terjadi. Mudah-mudahan jadi pemikiran FIBA,” papar Sekjen Perbasi Nirmala Dewi.

Walaupun tidak berhasil ke Piala Dunia Basket 2023, poin guard timnas basket Indonesia Andakara Prastawa memperjelas, ini bukanlah akhir perjalanan timnas basket Indonesia. Menurut Prastawa yang hampir satu dasawarsa bela Merah-Putih, timnas sekarang ini paling siap dan prospektif.

“Marques (Bolden) masih 24 tahun, Derrick (Michael) masih 19 tahun. Ada banyak pemain muda yang kekuatannya dapat semakin jauh dari ini . Maka ini awalnya baru untuk timnas Indonesia. Di depan masih tetap ada SEA Game dan Asian Game, sehingga kita akan siap-siap karena itu yang akan datang,” tutur pemain berumur 29 tahun ini.

Prastawa percaya beberapa pemain muda Indonesia terlecut motivasinya untuk latihan lebih giat kembali sesudah menyaksikan aksi timnas basket Indonesia yang prospektif sepanjang FIBA Asia Cup 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Post

Tim Basket Terbaik Indonesia

Tim Basket Terbaik IndonesiaTim Basket Terbaik Indonesia

Olahraga Basket memang cabang olahraga favorit di Indonesia setelah Sepakbola, nah Indonesia Basketball League atau IBL selaku kompetisi basket terbesar di Indonesia memang berhasil membuat berbagai daftar Tim Basket Terbaik